MBD- Teknik membuat landing page bagi seseorang yang ingin mempromosikan sebuah produk sangat lah penting, mengapa sedemikian penting ? karena landing page dapat dikatakan sebagai pintu gerbang masuknya pengunjung dimana yang bersangkutan akan melihat penawaran penawaran yang kita berikan.
![]() |
Source: http://www.inboundinteractive.ca |
Landing page berupa satu halaman full dan berisi mengenai penjelasan produk yang ditawarkan.
Tata susunan isi dari landing page bisa dimulai dengan Pengantar produk atau review tentang produk dimana di dalam nya dijelaskan seperti :
- Asal muasal produk tersebut diciptakan,
- Berasal dari manakah produk tersebut,
- Kandungan apa saja kah yang terdapat pada produk tersebut,
- Apa khasiat dari produk tersebut
- Sudah berapa banyak kah orang menggunakan produk tersebut
- Apakah sudah ada yang menggunakan produk tersebut
- Testimoni dari orang yang sudah menggunakan produk tersebut
Biasanya untuk pengantar produk ini lebih efektif dengan menggunakan video marketing dengan pembahasan waktu yang singkat, 2 - 3 menit
Dalam teknik membuat landing page, satu halaman landing page biasanya juga terdapat optin form, apa itu optin form ? bisa di baca disini
Dalam Optin form tersebutlah berisi lead magnet bisa berupa e-Book, Video, Kupon, Program Mentoring gratis dan lain sebagainya
Jika mereka tertarik maka mereka akan mengisi email nya pada optin form yang sudah di sediakan.
Berikut ini adalah elemen penting pada sebuah Landing Page :
- Headline
- Sub Headline
- Image/Video
- Bullet point
- Optin form
- CTA button(call to action)
- Social proof
Untuk lebih jelas nya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Berikut ini skema untuk optimalisasi dari landing page :
![]() |
Source : https://visual.ly/tag/landing-page |
Contoh sederhana dari landing page
![]() |
Source : sribu.com |
Faktor utama kesuksesan sebuah landing page adalah pada pesan yang di sampaikan di halaman tersebut dalam hal ini adalah copywriting yang dapat membuat visitor terbujuk untuk melakukan action/tindakan dalam hal ini mengisi email nya pada optin form di landing page.
Dan faktor penting lainnya adalah dengan melakukan split test dengan membuat beberapa model landing page dengan offer yang sama tetapi dengan elemen yang berbeda, seperti:
- Headline (test dgn angel yang berbeda)
- Image/video
- Call to action button/tombol beli (posisi, warna, text)
Demikianlah Teknik Membuat Landing Page, yang mungkin bisa anda praktek kan
Mohon tinggalkan pesan berupa comment jika di rasa artikel ini memiliki nilai manfaat untuk anda atau silahkan request bila ada hal hal yang perlu di bahas pada web blog ini serta jangan lupa untuk subcribe untuk mendapatkan info terbaru.
Sampai ketemu di artikel berikutnya.